Penjabat Gubernur Sumatra Utara Dorong Penataan Industri Kelapa Sawit untuk Perekonomian yang Lebih Baik

oleh -239 Dilihat
InfoSAWIT sumatera
Dok. InfoSAWIT/Ilustrasi Perkebunan Kelapa Sawit.

InfoSAWIT SUMATERA, MEDAN – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Utara (Sumut), Hassanudin, menyampaikan harapannya agar penataan industri kelapa sawit di wilayahnya semakin baik ke depannya. Hal ini penting mengingat industri kelapa sawit merupakan motor utama penggerak perekonomian di Sumut.

Di Sumatra Utara, terdapat sekitar 1,4 juta hektar lahan sawit dengan produksi tandan buah segar mencapai 24 juta ton per tahun. Sekitar 237 perusahaan beroperasi dalam industri kelapa sawit di Sumut, yang berdampak signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. “Walau Sumut bukan provinsi dengan produksi dan lahan terbesar, industrinya sangat masif di sini, dan itu berdampak pada penyerapan tenaga kerja. Karena itu, kita perlu penataan yang semakin baik,” kata Hassanudin usai membuka acara seminar sawit di Medan, pada Jumat (31/5/2024).


Selain produksi kelapa sawit, Sumut juga dikenal kuat dalam pengembangan hilirisasi minyak sawit. Produk-produk hilir yang dikembangkan antara lain margarin, sampo, biodiesel, pelumas, bio-gas, bio-etanol, bio plastik, dan bahkan pembangkit listrik. Salah satu produk hilir yang saat ini sedang masif dikembangkan adalah minyak goreng merah. “Kita akan terus kembangkan dan menata dengan baik, sehingga bisa menyejahterakan masyarakat kita,” ujar Hassanudin.

BACA JUGA: 

Hassanudin menekankan pentingnya penataan industri kelapa sawit yang lebih baik untuk memastikan keberlanjutan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan penataan yang baik, industri kelapa sawit tidak hanya akan meningkatkan perekonomian Sumut tetapi juga memberikan dampak positif pada lingkungan dan kesejahteraan pekerja.

Upaya penataan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari peningkatan kualitas produksi hingga pengembangan produk hilir yang inovatif. Dukungan terhadap teknologi dan praktik ramah lingkungan juga menjadi fokus utama untuk memastikan industri ini dapat berkelanjutan dalam jangka panjang. (T2)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit- Pj Gubernur Sumut Hassanudin: Dorong Penataan Industri Kelapa Sawit yang Lebih Baik.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com