Harga Indeks Pasar Biodiesel Periode Juni 2024 Turun Jadi Rp. 11.732 per liter

oleh -218 Dilihat
InfoSAWIT Sumatera
Dok. InfoSAWIT Sumatera/Uji coba biodiesel B35.

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Dalam upaya mendukung implementasi Program Mandatori Biodiesel, sesuai dengan ketentuan Pasal 18 ayat (1a) Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit, kami sampaikan informasi terbaru terkait besaran konversi Crude Palm Oil (CPO) menjadi Biodiesel dan Harga Indeks Pasar Bahan Bakar Nabati (HIP BBN) jenis Biodiesel.

Berdasarkan ketentuan yang berlaku, besaran konversi CPO menjadi Biodiesel ditetapkan sebesar 85 US$/MT. Sementara itu, Harga Indeks Pasar (HIP) Biodiesel untuk bulan Juni 2024 adalah sebesar Rp 11.732 per liter, ditambah ongkos angkut yang berlaku efektif mulai tanggal 1 Juni 2024.


Penentuan HIP Biodiesel ini didasarkan pada harga rata-rata CPO dari PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) selama periode 25 April hingga 24 Mei 2024, yang tercatat sekitar Rp 12.116 per kg. Adapun besaran ongkos angkut mengikuti keputusan Menteri ESDM nomor 146.K/HK.02/DJE/2021, dimana besaran ongkos angkut mengacu pada besaran maksimal ongkos angkut BBN jenis Biodiesel yang dicampurkan ke dalam bahan bakar minyak, sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Menteri mengenai Harga Indeks Pasar BBN jenis Biodiesel.

BACA JUGA: Pertemuan Petani Sawit dengan PT KPBN: Meningkatkan Transparansi dan Kepercayaan dalam Perdagangan CPO

Konversi nilai kurs menggunakan referensi rata-rata kurs tengah Bank Indonesia untuk periode 25 April 2024 hingga 24 Mei 2024, yang tercatat sebesar Rp 16.105 per US$. Informasi ini dikutip dari laman resmi EBTKE dan disampaikan oleh InfoSAWIT pada Jumat, 31 Mei 2024.

Berdasarkan perhitungan InfoSAWIT, HIP Biodiesel sawit untuk Juni 2024 mengalami penurunan sebesar Rp 721 per liter dibandingkan dengan HIP bulan Mei 2024 yang mencapai Rp 12.453 per liter.

BACA JUGA: Penjabat Gubernur Sumatra Utara Dorong Penataan Industri Kelapa Sawit untuk Perekonomian yang Lebih Baik

Penurunan ini mencerminkan fluktuasi harga CPO dan nilai kurs yang mempengaruhi penetapan harga Biodiesel. Langkah ini diharapkan dapat mendukung keberlanjutan program Biodiesel di Indonesia serta memberikan manfaat ekonomi bagi para pelaku industri kelapa sawit dan masyarakat luas. (T2)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit- HIP Biodiesel Juni 2024 Ditetapkan Rp. 11.732/liter, Tercatat Turun Rp 721/Liter.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com