Bertemu Otoritas NVWA, CPOPC Diskusikan Kesiapan Implementasi Kebijakan EUDR

oleh -304 Dilihat
InfoSAWIT Sumatera
Dok. CPOPC/Delegasi CPOPC diketuai Sekjen CPOPC, Rizal Affandi Lukman, bertemu dengan the Netherlands Food and Consumer Product Safety Authority (NVWA), diskusikan penerapan EUDR.

InfoSAWIT Sumatera, DEN HAAG –  Sekretaris Jenderal Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC), Dr. Rizal A. Lukman, memimpin delegasi CPOPC dalam pertemuan dengan Netherlands Food and Consumer Product Safety Authority (NVWA) untuk membahas kesiapan implementasi Regulasi Deforestasi Uni Eropa (EUDR) yang akan diberlakukan pada Desember 2024 di negara-negara anggota Uni Eropa.

Dalam pertemuan tersebut, Dr. Rizal A. Lukman menyoroti perkembangan alat pelacakan kelapa sawit di negara-negara eksportir, yaitu National Dashboard dari Indonesia dan e-Malaysian Sustainable Palm Oil (e-MSPO) dari Malaysia. Kedua alat ini dirancang untuk meningkatkan keterlacakan dan transparansi rantai pasok kelapa sawit di masing-masing negara.


Perwakilan NVWA menjelaskan tentang alat manajemen online dari Komisi Eropa untuk EUDR yang dikenal sebagai TRACES. Sistem ini akan menjadi platform utama dalam pengelolaan dan pemantauan kepatuhan terhadap regulasi deforestasi di seluruh Uni Eropa.

BACA JUGA: 

“CPOPC berkomitmen untuk memfasilitasi pertemuan teknis antara otoritas terkait di Indonesia, Malaysia, dan Belanda. Pertemuan ini akan membahas cara penggunaan alat pelacakan yang tersedia untuk mendukung kepatuhan terhadap EUDR,” demikian pernyataan dari pihak CPOPC yang dikutip InfoSAWIT.

Inisiatif ini menunjukkan upaya bersama dalam memastikan bahwa rantai pasok kelapa sawit dapat memenuhi standar keberlanjutan yang ditetapkan oleh Uni Eropa, serta meningkatkan transparansi dan keterlacakan dalam industri kelapa sawit global. (T2)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT dengan judul © Berita Sawit- CPOPC Bertemu Otoritas NVWA untuk Mendiskusikan Kesiapan Implementasi EUDR.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com