Pj Gubernur Babel Desak Pengusaha Sawit Patuhi Pergub Integrasi Sawit-Sapi

oleh -237 Dilihat
InfoSAWIT Sumatera
Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA. Foto: Istimewa

InfoSAWIT SUMATERA, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA, mendesak para pengusaha perkebunan sawit untuk mematuhi Peraturan Gubernur (Pergub) mengenai Integrasi Sawit dengan Sapi demi meningkatkan ketahanan pangan di wilayah tersebut.

Pergub Nomor 43 Tahun 2019 mengatur Integrasi Usaha Sapi-Sawit pada Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit di Kepulauan Bangka Belitung. Pergub ini mewajibkan pengusaha sawit untuk menyediakan minimal satu ekor sapi per 10 hektar lahan. Namun, implementasinya belum berjalan optimal.


“Saya akan mengeluarkan surat teguran hingga sanksi bagi pengusaha sawit yang tidak mematuhi pergub ini,” tegas Safrizal ZA usai Rapat Koordinasi Terbatas Antisipasi Darurat Pangan di Pangkalpinang.

BACA JUGA: Kementan Gelar Sosialisasi Penilaian Fisik Kebun Peremajaan Sawit Rakyat di Timur Pandeglang

Safrizal menyatakan akan bekerja sama dengan Kapolda, Danrem, dan Kajati Kepulauan Babel untuk mengecek langsung ke lapangan apakah aturan tersebut sudah dijalankan. “Jika belum, saya akan mengeluarkan surat teguran hingga sanksi evaluasi kelas kebun,” ujarnya dikutip InfoSAWIT SUMATERA dari Antara ditulis Selasa (28/05).

Ia menekankan pentingnya kepatuhan terhadap pergub ini guna meningkatkan populasi ternak sapi dan memenuhi kebutuhan daging masyarakat yang tinggi. “Saat ini kita baru mampu memenuhi 28,68 persen kebutuhan daging sapi, sementara sisanya masih didatangkan dari luar daerah,” kata Safrizal.

Menurutnya, dukungan dari semua pihak, termasuk para pelaku usaha, sangat diperlukan untuk peningkatan produksi pangan. “Peran pengusaha sawit dalam program integrasi sapi-sawit ini sangat penting untuk mengurangi ketergantungan pada pasokan sapi potong dari luar daerah,” tambahnya. (T3)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com