Terima Alokasi DBH Sawit Rp 49 Miliar, Pemprov Sumsel:  Lebih Rendah dari 2023

oleh -826 Dilihat
InfoSAWIT Sumatera
Dok. Sawit Fest 2021/Bernadus Ritchard / Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

InfoSAWIT SUMATERA, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menerima dana bagi hasil (DBH) dari sektor kelapa sawit senilai Rp49 miliar pada tahun 2024. Achmad Rizwan, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumsel, menyatakan bahwa alokasi DBH sawit untuk Provinsi Sumsel pada tahun ini adalah sebesar Rp49 miliar, lebih rendah dari tahun 2023 yang mencapai Rp51,2 miliar.

Dia menjelaskan bahwa daerah-daerah terbesar dalam hal produksi sawit adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Ogan Komering Ilir (OKI), dan Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Muara Enim, dan Musi Rawas.


“Secara total, alokasi DBH sawit untuk Sumatra Selatan pada tahun 2023 dan 2024 mencapai Rp472 miliar,” jelas Rizwan dikutip InfoSAWIT dari Antara ditulis Kamis (02/05/2024).

BACA JUGA: Luar Biasa! Ratusan Petani Sawit di Sumsel Ikuti Pelatihan yang diadakan Kementan dan BPDPKS

Hampir semua daerah penghasil sawit mendapatkan alokasi DBH yang sesuai dan layak. Bahkan, kabupaten dan kota yang produksi sawitnya tidak sebanyak seperti Palembang, Pagaralam, dan Prabumulih tetap mendapat bagian.

“DBH sawit ini digunakan untuk pembangunan infrastruktur, perbaikan jalan di perkebunan, pendataan, perlindungan sosial, serta peningkatan kompetensi dan sertifikasi bagi para petani,” kata Rizwan.

Rizwan melanjutkan, saat ini pihaknya sedang menyusun Rencana Kegiatan dan Penganggaran (RKP) DBH Sawit untuk tahun anggaran 2024 guna mendukung kegiatan di sektor perkebunan.

“Jika sesuai dengan jadwal yang disampaikan oleh kementerian, Insya Allah pada bulan Mei atau Juni 2024, dana tersebut akan segera disalurkan ke pemerintah provinsi dan kabupaten serta kota,” kata Rizwan.

RKP tersebut direncanakan akan selesai pada 30 April 2024, dan setelah itu akan dilanjutkan dengan penyaluran DBH di masing-masing kabupaten dan kota. (T3)

 

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com