Luar Biasa! Ratusan Petani Sawit di Sumsel Ikuti Pelatihan yang diadakan Kementan dan BPDPKS

oleh -531 Dilihat
InfoSAWIT
Sebagian peserta pelatihan foto bersama perwakilan dari Kementan dan BPDPKS. Foto: Istimewa

InfoSAWIT SUMATERA, SUMSEL – Untuk meningkatkan kualitas hasil panen kelapa sawit, Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Perkebunan, dengan dukungan pembiayaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), mengadakan pelatihan panen dan pascapanen bagi 144 petani kelapa sawit di Sumatera Selatan. Peserta pelatihan berasal dari Kabupaten Muba sebanyak 56 orang dan Kabupaten Muaraenim sebanyak 88 orang pada Selasa, 23 April.

Direktur Perlindungan Perkebunan Hendratmojo Bagus Hudoro, mewakili Direktur Jenderal Perkebunan, mengatakan “Salah satu faktor kunci dalam keberhasilan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang baik bagi para peserta,” kata Hendratmojo, dikutip InfoSAWIT dari laman Kementan Senin (29/04/2024).


Sementara itu, menurut Direktur Akademi Komunitas Perkebunan Stiper Yogyakarta (AKPY STIPER), Sri Gunawan menjelaskan, peserta pelatihan mendapatkan materi teknis tentang panen dan pascapanen dari instruktur yang berpengalaman. “Materi tersebut mencakup cara memanen kelapa sawit sesuai standar dan kriteria, serta pengiriman buah ke pabrik dalam waktu maksimal 24 jam untuk menjaga kualitas,” jelas Sri Gunawan.

BACA JUGA: Seru Ah Balapan Harga TBS Swadaya di Provinsi Sumsel

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, Agus Darwa, menyatakan bahwa program pengembangan SDM petani kelapa sawit melalui pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi petani di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, pada tahun 2023, sebanyak 6.437 peserta pelatihan direkomendasikan oleh Direktorat Jenderal Perkebunan kepada BPDPKS, dengan jumlah peserta dari Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 1.237 orang, yang berasal dari beberapa kabupaten diantaranya Kabupaten Lahat, Muaraenim, Musi Banyuasin, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan mulai tanggal 23 hingga 27 April 2024, dibagi menjadi 5 kelas, dengan narasumber dari Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY). Kegiatan ini diakhiri dengan kunjungan ke kebun kelapa sawit milik perusahaan. (T3)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com