Siapkan Tisu, Sedulur! Semakin Parah Harga CPO Tender KPBN Periode 31 Januari 2024

oleh -1250 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Apakah para sedulur yang menjadi petani sawit memiliki tisu atau sapu tangan? Jika punya, maka para sedulur harus siap-siap untuk mengelap keringat dingin di wajah sedulur!

Terutama apabila para sedulur telah melihat hasil tender harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang digelar oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) untuk periode Rabu, 31 Januari 2024.


Gimana enggak keluar keringat dingin, Lur, pada tender periode Selasa, 30 Januari 2024, saja harga CPO saja sudah ditendang jauh dari level Rp 12.000 per kilogram (Kg).

Seperti Tak Punya Masa Depan Harga CPKO pada Tender KPBN Periode 30 Januari 2024

Dan kini, dari kabar yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, harga CPO dari hasil tender KPBN tersebut malah semakin anjlok lebih dalam ke level Rp 11.700-an per Kg.

Tak cukup sampai di situ, tender kali ini pun sama seperti tender periode sehari sebelumnya yang hanya mengandalkan franco Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau.

Pelabuhan Belawan yang ada di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), malah ghosting atau tak nampak pada tender harga CPO KPBN sejak periode Selasa semalam.

Merosot dan Hampir “Ditenggelamkan” WD Harga CPO Tender KPBN Periode 29 Januari 2024

Perilaku atau kecenderungan ghosting Pelabuhan Belawan ini sempat sering terjadi juga pada tender KPBN di semester kedua di bulan Desember 2023. Kala itu tender sering mengandalkan franco Pelabuhan Dumai.

Konon lagi pelabuhan-pelabuhan lainnya, seperti Pelabuhan Teluk Bayur di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) atau pun Pelabuhan Talang Duku di Provinsi Jambi, dan sesekali pelabuhan di sejumlah provinsi lainnya.

Semua pelabuhan di luar Belawan dan Dumai sudah sering tak nampak atau hanya silih berganti hadir pada tender KPBN sejak pekan ketiga dan keempat bulan Januari 2024 ini.

Ditendang Keluar dari Level Rp 12.000 Harga CPO Tender KPBN Periode 30 Januari 2024

Kalau dampak dari perkembangan harga CPO di tender KPBN ini tentu bisa ditebak, sedulur: harga tandan buah segar (TBS) bakal terpukul atau melorot di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS).

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Rabu (31/1/2023) :

Dumai : Rp 11.718 -SJIO (sebelumnya
Rp 11.901 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 11.800 -EUP)
(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com