Ditendang Keluar dari Level Rp 12.000 Harga CPO Tender KPBN Periode 30 Januari 2024

oleh -1445 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Akhirnya kecemasan dan kekhawatiran itu terbukti: harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) melorot dan “ditenggelamkan” withdraw (WD) pada tender periode 30 Januari 2024.

Hal ini terungkap dari berbagai keterangan yang berhasil dihimpun oleh InfoSAWIT SUMATERA terkait proses tender untuk komoditas CPO yang digelar oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) tersebut.


Yang mengerikan pada WD kali ini adalah pada harga penawaran tertinggi!!! Coba perhatikan baik-baik: harga penawaran tertinggi Rp 11.800 per Kg.

Di Pelabuhan Belawan, Turun Harga CPO Tender KPBN Periode 25 Januari 2024, namun …

Sementara harga CPO yang WD ada di level Rp 11.900-an, lalu harga CPO dari hasil tender periode sehari sebelumnya masih di level Rp 12.140-an per Kg. Sungguh mengerikan sekali!!!

Kemudian, selain berakhir dengan WD, tender kali ini pun menunjukan kalau harga CPO saat ini semakin lama semakin melorot seperti tidak berdaya.l, semakin menyungsep.

Kesannya, harga CPO dari tender kali ini ditendang jauh dari level Rp 12.000 per kilogram (Kg), sebuah level harga mewah yang sudah ditempati selama setengah bulan terakhir.

Naik, tapi Berkutat di Tempat yang Sama Harga CPO Tender KPBN Periode 26 Januari 2024

Di samping itu, ada hal lain yang menyedihkan pada tender kali ini, yaitu franco Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau harus berjuang sendiri.

Tak ada franco Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), atau pun pelabuhan lainnya yang tercantum dalam tender KPBN pada periode kali ini.

Wahai para petani sawit, melihat situasi ini, bersiap-siaplah mendengar kabar daei pabrik kelapa sawit (PKS) kalau harga pembelian tandan buah segar (TBS) mengalami penurunan yang lumayan!

Merosot dan Hampir “Ditenggelamkan” WD Harga CPO Tender KPBN Periode 29 Januari 2024

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Selasa (30/1/2023) :

Belawan : Tak ada kabar (harga sebelumnya Rp 12.141 -ACI)

Dumai : Rp 11.901 -WD. Harga lenawaran tertinggi Rp 11.800 -EUP (harga sebelumnya Rp 12.141 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.053 -IBP)
(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com