Merosot dan Hampir “Ditenggelamkan” WD Harga CPO Tender KPBN Periode 29 Januari 2024

oleh -498 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Hampir “ditenggelamkan” oleh withdraw (WD) hasil akhir tender harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang diselenggarakan oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN).

Hal tersebut bisa dilihat dengan jelas pada hasil akhir tender periode Senin, 29 Januari 2024, sebagaimana diterima InfoSAWIT SUMATERA dari berbagai sumber.


Misalnya harga CPO produksi PTPN 1, 2, dan 3, yang ditenderkan melalui dua pelabuhan tersebut justru berujung WD dengan harga penawaran tertinggi di bawah Rp 12.100 per kilogram (Kg).

Kembali Diselematkan Pelabuhan Belawan, Naik Rp 50 Harga CPO Tender KPBN Periode 24 Januari 2024

Sementar CPO produksi PTPN IV yang ditenderkan di franco Pelabuhan Belawan, Medan, mencapai deal tetapi cukup miris juga melihat harga penawaran tertinggi yang muncul juga di bawah Rp 12.100 per Kg.

Bahkan, selain itu, hasil akhir dari tender KPBN ini pun tak sedap dilihat: harga CPO merosot, terutama bila dibandingkan harga CPO hasil tender periode akhir pekan yang lalu, Jumat (26/1/2024).

Semua hasil buruk itu pun diperoleh dengan hanya mengandalkan dua franco pelabuhan saja, yakni Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dan Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau.

Di Pelabuhan Belawan, Turun Harga CPO Tender KPBN Periode 25 Januari 2024, namun …

Bisa diprediksi kalau hasil tender ini akan memukul harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi para petani di berbagai tongkat, termasuk di tingkat pabrik kelapa sawit (PKS).

Apakah hasil tender ini menjadi sinyal kalau harga CPO bakal semakin “tenggelam” menjelang tutup bulan Januari hingga menuju awal Pebruari 2024?

Pertanyaan ini wajar muncul mengingat gejala penurunan harga CPO sudah diperlihatkan dengan jelas melalui berbagai tahap di proses tender yang diselenggarakan PT KPBN beberapa hari terakhir ini.

Naik, tapi Berkutat di Tempat yang Sama Harga CPO Tender KPBN Periode 26 Januari 2024

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Senin (29/1/2023) :

Belawan : Rp 12.141 -ACI (harga sebelumnya Rp 12.200 – MM)

Dumai : Rp 12.141 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.053 -IBP
(harga sebelumnya Rp 12.200 -IBP)

Talang Duku (fob) : Tak ada kabar (sebelumnya Rp 12.000 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 11.901 – PHPO)

(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com