Kembali Diselematkan Pelabuhan Belawan, Naik Rp 50 Harga CPO Tender KPBN Periode 24 Januari 2024

oleh -518 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Berterimakasihlah pada Pelabuhan Belawan yang ada di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menjadi “penyelamat” pada tender yang digelar oleh PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN).

Tender yang dimaksud di sini adalah yang terkait dengan harga perdagangan komoditas minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang mencapai deal dan terhindar dari withdraw (WD).


Dari data yang dimiliki InfoSAWIT SUMATERA, pada tender sehari sebelumnya, Pelabuhan Belawan menjadi “penyelamat” setelah harga CPO di tiga pelabuham lainnya malah berujung dengan WD.

Josss, Tembus Rp 12.370-an Harga CPKO Tender KPBN Periode 23 Januari 2024

Ketiga pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Dumai di Provinsi Riau, Pelabuhan Talang Duku di Provinsi Jambi, dan Pelabuhan Trisakti di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Tetapi sayangnya, situasi tender pada periode Rabu ini mirip benar dengan hasil periode pada Selasa, yaitu tidak semua CPO produksi PTPN di wilayah Sumatera bagian Utara (Sumbagut) berakhir dengan deal.

Pada tender periode Selasa, hanya CPO dari produksi PTPN 1 Aceh yang deal sesuai harga yang ditawarkan di tender, sementara produksi CPO yang dari PTPN 2, 3, dan 4 malah berakhir dengan WD.

Ngegas Lagi Harga CPO Hasil Tender KPBN Periode 22 Januari 2024

Sebaliknya, kini produksi CPO dari PTPN 4 yang berkantor di Medan yang deal dan dibeli oleh Unilever sesuai harga tender yang ditawarkan, sementara CPO produksi PTPN 1, 2, dan 3 malah berakhir WD.

Kalau tiga pelabuhan lainnya sama persis dengan hasil tender periode Selasa, yakni dapat harga tinggi tapi juga berakhir WD.

Mudah-mudahan sajalah harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi para petani sawit masih menemui jalan yang baik, masih tetap naik walau tipis-tipis.

Wajib Waspada! Dumai, Talang Duku, dan Kalsel WD, tapi Naik Rp 50 Harga CPO Tender KPBN Periode 23 Januari 2024

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Selasa (23/1/2023) :

Belawan : Rp 12.200 – UNILEVER (harga sebelumnya Rp 12.150 -ACI)

Dumai : Rp 12.200 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 12.120 – PAA
(harga sebelumnya Rp 12.150 -WD. Harga penawaran tertinggii Rp 12.100 -EUP)

Talang Duku (fob) : Rp 12.000 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 11.903 – PHPO (harga sebelumnya Rp 11.950 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 11 693 – PAA)

Kalsel : Rp 11.800 – WD. Harga penawaran tertinggi Rp 6.500-DKSD/SDS/BTI (harga sebelumnya Rp 11.750 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 6.500 – DKSD/BTI/BBF)
(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com