Wajib Waspada! Dumai, Talang Duku, dan Kalsel WD, tapi Naik Rp 50 Harga CPO Tender KPBN Periode 23 Januari 2024

oleh -636 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Ada empat pelabuhan yang turut disertakan PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) dalam tender harga minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) kali ini


Menurut sejumlah keterangan yang dihimpun InfoSAWIT SUMATERA, dari keempat pelabuhan tersebut, tiga di antaranya berujung pada withdraw (WD), sementara hanya satu yang closing atau deal.

Keempat pelabuhan tersebut adalah Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Dumai di Riau, Talang Duku di Jambi, dan Pelabuhan Trisakti di Kalimantan Selatan (Kalsel).

WD Semua, tapi Jangan Panik! Tetap Oke Kok Harga CPO Tender KPBN Periode 19 Januari 2024

Situasi ini, di satu sisi, masih bisa membahagiakan karena harga CPO masih naik dan berpotensi mendongkrak harga pembelian tandan buah segar (TBS) produksi petani sawit.

Tetapi di sisi lain patut diwaspadai. Sebab, kalau dicermati dari seluruh data tender yang ada, sesungguhnya hanya CPO PTPN 1 dari Pelabuhan Belawan saja yang deal, selebihnya terjebak pada WD.

Apakah muncul kesan kalau kenaikan harga CPO ini bakal direm? Jangan sampai gambaran hasil tender pada periode Selasa ini berlanjut pada tender pada periode-periode berikutnya.

Ngegas Lagi Harga CPO Hasil Tender KPBN Periode 22 Januari 2024

Berikut ini hasil tender harga CPO per Kg di luar atau exclude PPN di PT KPBN periode Selasa (23/1/2023) :

Belawan : Rp 12.150 -ACI (sebelumnya Rp 12.100 – EOP)

Dumai : Rp 12.150 -WD. Harga penawaran tertinggii Rp 12.100 -EUP (sebelumnya Rp 12.100 -SJIO)

Talang Duku (fob) : Rp 11.950 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 11 693 – PAA (sebelumnya Rp 11.900 -WD. Harga penawaran tertinggi Rpn11.640 -PAA

Kalsel : Rp 11.750 -WD. Harga penawaran tertinggi Rp 6.500 – DKSD/BTI/BBF
(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com