RSPO dan Asian Agri Lakukan Ini ke Petani Sawit di Pelalawan

oleh -341 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PANGKALAN KERINCI – Selama hampir seminggu, perusahaan kelapa sawit terkemuka di Indonesia, Asian Agri, menggembleng sejumlah orang demi memajukan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Kegiatan tersebut, seperti keterangan resmi Asian Agri di media sosial mereka yang dimutip InfoSAWIT SUMATERA, Rabu (17/1/2024), dikerjasamakan dengan pihak bekerjasama dengan Rountable on Sustainable Palm Oil (RSPO).


Proses penggemblengan dinamakan dengan “Smallholder Trainer Academy” dan berlangsung di Asian Agri Learning Institute, Pelalawan, Provinsi Riau, mulai anggal 8 sampai 13 Januari 2024.

Elvi Yunita, Srikandi Asian Agri yang Menginspirasi Para KTU Pabrik dan Kebun

Acara ini merupakan bagian dari komitmen bersama untuk memajukan praktik pertanian kelapa sawit yang berkelanjutan.

Peserta pelatihan berjumlah 42 orang yang terdiri dari perwakilan petani mitra Asian Agri yang tergabung dalam program SMILE (Smallholder Inclusive for better Livelihood).

Selanjutnya adalah sejumlah staf Asian Agri, dan juga peserta dari perusahaan-perusahaan lain yang tertarik dengan pertanian berkelanjutan.

1.000 Petani Sawit dari Dua Kecamatan di Aceh Timur Ditargetkan Raih Sertifikasi RSPO-ISPO

Tujuan utama dari Smallholder Trainer Academy adalah menciptakan Master Trainer Akademi Petani RSPO yang bersertifikasi.

Para peserta dibina untuk dapat menyelenggarakan pelatihan mereka sendiri, fokus pada mata pencaharian berkelanjutan bagi para petani kelapa sawit.

Dalam enam hari pelatihan intensif ini, calon master trainer akan diberikan pemahaman mendalam mengenai pengelolaan kebun kelapa sawit secara berkelanjutan.

Ini Cara Asian Agri dalam Memperlakukan Petani Sawit

Adapun materi yang ditampilkan yakni mencakup prinsip-prinsip RSPO, dan kemudian adalah praktik agronomi terbaik.

Selain aspek teknis, pelatihan tersebut juga menekankan pada upaya pengembangan soft skills bagi para peserta.

Para calon master trainer akan belajar menyampaikan informasi dengan efektif, berinteraksi dengan peserta pelatihan, dan membuat materi yang mudah dipahami.

Dari 15.485 Petani Tersertifikasi RSPO, Hampir Sepertiga Dibina Musim Mas

Dengan menghasilkan sejumlah Master Trainer Akademi Petani RSPO yang kompeten, diharapkan akan terjadi peningkatan yang signifikan.

Khususnya dalam penerapan praktik pertanian yang berkelanjutan di seluruh industri kelapa sawit.

Ini merupakan langkah konkret dalam mendukung visi RSPO untuk menciptakan pertanian kelapa sawit yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com