Galakan Dekarbonisasi demi Dukung NZE 2060, PalmCo Regional 3 Gunakan Panel Surya

oleh -205 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PEKANBARU
Demi mendukung tercapainya net zero emission pada tahun 2060, PalmCo Regional 3 Pekanbaru gencar melaksanakan dekarbonisasi di banyak kesempatan

Salah satunya, seperti keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Minggu (14/1/2024), adalah dengan penggunaan panel surya atau solar cell di taman-taman komplek perkantoran region office.


“Hal ini dilakukan sebagai bagian dari mengakselerasi program dekarbonisasi yang telah berjalan secara masif selama lima tahun terakhir,” kata Corporate Secretary and Legal PalmCo Regional 3, Andiansyah Hamdani.

Realisasikan Kerjasama dengan PT KIS, PT PGN Pakai Bio CNG Berbasis POME

Ia menjelaskan, pemanfaatan panel surya tersebut sejalan dengan semangat pemerintah untuk mewujudkan net zero emission 2060.

“Alhamdulillah. Untuk tahap awal, sebanyak 20 instalasi panel surya berkapasitas 2.000 watt telah terpasang,” ucap pria hang akrab disapa Aan ini.

“Insya Allah ini jadi langkah awal kami untuk terus memperluas pemanfaatan sumber energi ramah lingkungan menuju NZE 2060,” kata dia menambahkan.

Begini Nasib Harga CPO dan Palm Kernel Mitra Plasma Babel pada Periode I (1-15) Januari 2024

PalmCo Regional 3 atau sebelumnya bernama PTPN V usai penggabungan sejumlah anak perusahaan ke dalam PTPN IV sebagai entitas bertahan dan pemisahan tidak murni PTPN III ke PTPN IV telah bertransformasi.

Khususnya, ucap Aan dalam upaya menjadi salah satu perusahaan perkebunan di bawah naungan PTPN Group yang fokus melaksanakan dekarbonisasi.

Sejak 2019 silam, Aan mengungkapkan, perusahaan terus berkomitmen melaksanakan beragam program dekarbonisasi.

Seluruh Standar Global Diikuti, Program Dekarbonisasi Didukung

Mulai dari pembangunan instalasi pembangkit tenaga biogas yang dikonversi sebagai sumber energi listrik maupun co-firing.

Di samping itu, upaya pemanfaatan kendaraan listrik untuk operasional perusahaan, hingga pemanfaatan pupuk dan musuh alami dalam menekan penggunaan chemical di perkebunan.

Untuk pemanfaatan pembangkit tenaga biogas atau PTBg, Hamdani bilang PalmCo Regional 3 bersinergi dengan berbagai pihak seperti BRIN hingga negara asing.

Anak Usaha Holding Perkebunan Ini Kembangkan Program Dekarbonisasi

Ia bilang, PalmCo Regional 3 juga berupaya menjadi perusahaan yang mengoperasionalkan instalasi pembangkit tenaga biogas terbesar di lingkungan PTPN Group.

Total sebanyak enam PTBg terpasang dengan memanfaatkan gas metana dari limbah cair kelapa sawit atau palm oil mill effluent (POME) sebagai sumber energi baru terbarukan.

Selanjutnya, sejak awal tahun lalu, perusahaan turut memanfaatkan kendaraan sepeda motor listrik untuk operasional.

Shell, Scania, dan KPD Malaysia Ujicoba Penggunaan B-100

Saat ini sepeda motor listrik dimanfaatkan untuk operasional karyawan perusahaan di Kantor Pusat maupun di Distrik perusahaan.

Lebih jauh, terkait pemanfaatan panel surya, Aanmengatakan pihaknya akan memperluas pemanfaatan listrik yang dihasilkan dari matahari tersebut.

“Insya Allah akan kita perluas. Saat ini masih dalam tahap kajian. Langkah yang kita tempuh ini sejalan dengan program strategis nasional (PSN) tentang dekarbonisasi PTPN Grup serta selaras dengan komitmen Indonesia dalam melaksanakan,” tuturnya.

Dari Tangan Nik Nazmi bin Nik Ahmad, Jatmiko Santosa Terima Penghargaan Asean Energy Awards 2023 Buat PTPN V

“Kita berusaha menyelaraskan semua kebijakan yang telah ditempuh dalam empat lima tahun terakhir dalam upaya mendukung percepatan transisi energi,” demikian Aan menegaskan.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com