Manfaatkan DBH, Lima Kecamatan Bakal Jadi Sentra Sawit di Kabupaten Nias Utara

oleh -290 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, LOTU – Kabupaten Nias Utara di Pulau Nias sedang bersiap diri untuk menjadi salah satu kekuatan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Dengan memanfaatkan dana bagi hasil (DBH), pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) bakal mendata dan memverifikasi lokasi yang memiliki potensi perkebunan sawit di Nias Utara.


Dari laman RRI yang dikutip InfoSAWIT SUMATERA, Sabtu (6/1/2024), dikatakan kalau proses pendataan dan verifikasi tersebut bakal dilakukan pada tahun ini oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Distapangtan) Kabupaten Nias Utara.

Sumut Dapat DBH Sawit, Asahan dan Simalungun Peroleh Jatah Terbanyak, Medan Terkecil

Kepala Distapangtan Nias Utara, Idaman Johan Hulu, mengatakan bahwa verifikasi potensi perkebunan kelapa sawit itu akan diutamakan di sekitar lokasi yang sudah mulai dikembangkan oleh masyarakat secara pribdadi.

“Lokasi yang memiliki potensi perkebunan kelapa sawit itu utamanya ada lima kecamatan, yakni di Afulu, Sawo, Tuhemberua, Lahewa dan Lahewa Timur.,” ucap Idaman Johan Hulu.

Dalam waktu yang tak lama lagi, sambing Idaman, pihaknya balal melakukan peninjauan ke lima kecamatan tersebut.

Saat Menuju PKS, Truk Bermuatan TBS Terguling. Ini Penyebabnya!

Kata dia, bila investor memberikan peluang untuk penanaman kelapa sawit di Nias Utara, maka Pemkab segera berkoordinasi dengan masyarakat setempat dan Pemerintah Pusat.

“Dengan demikian nantinya perkebunan kelapa sawit tersebut dapat dikembangkan di Kabupaten Nias Utara,” ujar Idaman

Idaman menyampaikan bahwa pendataan potensi lokasi kelapa sawit ini sebagai tindaklanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2023 tentang DBH.

Ini Saran Aspek-PIR Sumut Terkait Penggunaan Awal DBH Sawit

Juga, sambung Idaman, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Republik Indonesia Nomor 91 Tahun 2023 tentang Pengelolaan DBH Perkebunan Sawit Berkelanjutan.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com