Perdana di 2024, Stabil Harga TBS Petani Swadaya Aceh di Sejumlah Wilayah

oleh -531 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, BANDA ACEH – Pembukaan perdagangan harga pembelian tandan buah segar (TBS) per kilogram (Kg) produksi petani sawit swadaya di sejumlah wilayah di Provinsi Aceh, Selasa (2/1/2024).

Adapun sejumlah wilayah di Provinsi Aceh yang dimaksud tersebut ada di tiga kabupaten sentra sawit, yakni Aceh Utara, Aceh Timur, dan Aceh Barat Daya (Abdya).


Hal itu diketahui berdasarkan informasi yang diberikan para petani swadaya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Aceh.

Hanya dalam Sehari, Melorot Harga TBS Petani Aceh Utara di Anak Usaha Holding

Kepada InfoSAWIT SUMATERA, Ketua DPD Apkasindo Aceh Utara, Kastabuna, mengatakan berdasarkan perkembangan dari Selasa pagi hingga sore, tercatat kalau harga pembelian TBS petani swadaya masih di atas Rp 2.000 per Kg.

“Harga TBS di empat pabrik kelapa saeit (PKS) di Aceh Utara masih di atas Rp 2.000 per Kg, masih sama dengan harga di akhir tahun 2023” kata dia.

Ia memaparkan, harga TBS per Kg di PTPN I Cot Girek tercatat Rp 2.090, PT Ika Bina Agro Wisesa (IBAW) Rp 2.120, PT Satya Agung (SA) Rp 2.075, dan PT Seuramo Agro Persada (SAP) Rp 2.140.

Perusahaan Sawit di Salah Satu Kabupaten di Provinsi Aceh Dapat PROPER Merah dari KLHK

Muslim Hasan selaku Ketua DPD Apkasindo Abdya juga menuturkan hal yang sama.

“Masih sama harga TBS di dua PKS di Abdya yang sekarang ini dengan yang akhir tahun 2023 lalu,” ucap Muslim Hasan.

“Harga TBS di PT Mon Jambee tercatat Rp 2.020 dan di PT SMS harganya sebesar Rp 2.000,” ia menambahkan.

Ibrahim Mar Salut Atas Dukungan Penuh Musim Mas, IDH, FKL, Koompasia, PUPL, dan Pemkab Aceh Timur

Pun demikian halnya paparan dari Ibrahim Mas selaku Ketua DPD Apkasindo Aceh Timur yang menyebutkan harga TBS pada 30 Desember 2023 masih sama dengan hari Selasa (2/1/2024).

“Tapi khusus di PT MSL hingga saat ini masih off, sementara di enam PKS lainnya harga TBS tercatat paling rendah adalah Rp 2.000 per Kg,” ujar Ibrahim Mar.

Harga TBS di PT Anugerah, kata Ibrahim Mar, tercatat sebanyak Rp 2.040. Di PT Ensem Rp 2.030, PT BPS Rp 2.100, PT ABN Rp 2.040.

1.000 Petani Sawit dari Dua Kecamatan di Aceh Timur Ditargetkan Raih Sertifikasi RSPO-ISPO

“Selanjutnya harga TBS di PT Teupin Lada Rp 2.000, dan terakhir di Koperasi PJ Rp 2.020,” tegas Ibrahim Mar selaku Ketua DPD Apkasindo Aceh Timur.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com