Ingin Bayar Hutang, Perusahaan Malaysia, Rimbunan Sawit, Bakal Jual Salah Satu Unit Kebunnya

oleh -409 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, KUALA LUMPUR – Grup perkebunan Rimbunan Sawit Bhd yang berbasis di Sarawak. Malaysia, berencana untuk menjual satu unit kebun sawit mereka seluas 9.935 hektar (Ha) di Miri.

Dari laman theedgemalaysia.com yang dikutip InfoSAWIT SUMATERA, Selasa (26/12/2023), disebutkan bahwa harga penjualan yang dipatok oleh pihak Rimbunan Sawit adalah RM 165 juta.


Adapun tujuan penjualan tersebut adalah untuk membantu membayar utang yang dimiliki oleh Rimbunan Sawit.

Gegara Ekspor Melambat, Turun Harga CPO di Bursa Malaysia Periode 18 Desember 2023

Grup ini menjual Selangor Estate dengan luas total 4.857 hektar seharga RM 90 juta, dan Jayamax Estate yang terdiri dari 5.078 Ha seharga RM 75 juta.

Semua itu dijual pihak Rimbunan Sawit epada perusahaan kelapa sawit lainnya, yakni Mahawangsa Sungai Bok Plantation Sdn Bhd.

Dana yang diperoleh akan digunakan untuk pelunasan sebagian pinjaman berbunga, yang, antara lain, akan menurunkan tingkat gearing grup dari 0,99 kali menjadi 0,61 kali.

Ini Cara Musim Mas dalam Menerapkan Praktek Sawit yang Berkelanjutan dan Ramah Lingkungan

Dan ini juga akan meningkatkan kemampuan grup untuk meminjam lebih lanjut jika terdapat peluang bisnis baru.

“Hal ini sebagaimana serta memperbaiki posisi arus kas grup karena beban bunga yang lebih rendah,” kata Rimbunan Sawit dalam keterbukaan informasi di bursa.

Selain itu, pihak Rimbunan menegaskan kalau sebagian dari hasil penjualan yang diusulkan akan disalurkan untuk operasional bisnis grup.

Beroperasi dalam Hutan, Perusahaan Sawit Bakal Didenda

“Karena (dana penjualan yang diraih -red) akan digunakan untuk penanaman baru dan penanaman kembali kelapa sawit,” pihak Rimbunan menambahkan.

Kelompok Rimbunan Sawit mengharapkan untuk mencatat keuntungan pro forma sebesar RM 77,94 juta dari pelepasan kedua perkebunan tersebut.

Termasuk kedua perkebunan tersebut, Rimbunan Sawit memiliki 16 perkebunan kelapa sawit di Kuching, Sibu dan Miri, dengan total lahan tertanam seluas 42.478 Ha.

Sebagai Ketua Satgas PUPL, Ini yang Selalu Disampaikan Ibrahim Mar ke Petani Sawit di Aceh Utara

Semua itu mewakili 60,76 persen dari total cadangan lahan grup sebesar 69.909 Ha. Grup ini juga memiliki tiga pabrik kelapa sawit (PKS) di Kuching dan Miri.

Saham Rimbunan Sawit ditutup naik satu sen atau 7,14 persen pada 15 sen, memberikan grup tersebut kapitalisasi pasar sebesar RM 317,2 juta.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com