Ini Formula Perhitungan HIP BBN Biodiesel Sawit Periode Desember 2023

oleh -499 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Harga indeks pasar (HIP) bahan bakar nabati (BBN) jenis biodiesel kelapa sawit telah diputuskan Pemerintah Pusat mengalami kenaikan sebesar lebih Rp 300 per liter, dari Rp 10.653 menjadi Rp 10.974 per liter.

Harga tersebut, sebagai keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Sabtu (9/12/2023), tentu saja belum ditambah lagi dengan ongkos angkut.


Lalu, bagaimana formula atau rumus sebenarnya yang telah ditentukan Pemerintah, dalam hal ini Ditjen EBTKE Kementerian ESDM dalam menentukan harga HIP BBN jenis biodiesel sawit?

HIP BBN Biodiesel Jadi Lebih Mahal, Naik Lebih Rp 300 Per Liter untuk Periode Desember 2023

Berikut ini penjelasan dari Direktur Jenderal (Dirjen) Energi Baru Terbarukan dan Konversi Emergi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Yudo Dwinanda Priaadi.

Penentuan BBN diambil dari harga rata-rata minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) hasil tender di PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) dari mulai periode 25 Oktober sampai 24 November 2023.

Harga CPO rata-rata tersebut adalah dalam satuan per kilogram (Kg) dan ditetapkan dalam mata uang Rupiah (Rp). Dari proses di atas ditetapkan harga rata-rata CPO KPBN sebesar Rp 11.279 per Kg.

BPKP Hitung Kerugian dalam Program PSR KUD Sinar Mulia di Daerah Ini

Selanjutnya HIP diambil berdasarkan harga rata-rata CPO KPBN ditambah USD 85 per ton, dikali 870 Kg per meter kubik (m3) dan ditambah ongkos angkut.

Dan dari formula perhitungan tersebut, tulis Yudo Dwinanda Priaadi, dalam surat resminya, diputuskan HIP BBN biodiesel sawit bilan Desember 2023 sebesar Rp 10.974 ditambah ongkos angkut.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com