Sertifikasi ISPO Masih Rendah di Tingkat Petani, Ini yang Disampaikan Menko Perekonomian ke Apkasindo

oleh -246 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Per 6 Desember 2023 kemarin, tercatat baru 819 sertifikat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang dikeluarkan oleh Pemerintah untuk para pelaku sawit di Indonesia.

Dan, kata Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, baru 107 sertifikat ISPO diperuntukkan bagi kebun sawit rakyat dengan luas 426.000 hektar.


Dari keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT SUMATERA, Jumat (8/12/2023), disebutkan bahwa hal itu disampaikan Airlangga Hartarto dalam acara Apkasindo yang digelar Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Di Hadapan Petani Sawit, Airlangga Hartarto Kritik Uni Eropa

Airlangga Hartarto hadir di acara itu mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi)
dalam rangka Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit dalam Rangka HUT ke-23 Apkasindo.

Turut mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut yakni Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Dida Gardera.

Selanjutnya, ucap Ketua Umum DPP Partai Golkar ini, terkait verifikasi data keterlanjuran lahan dan sertifikasi ISPO, diminta agar kedua hal ini harus segera diselesaikan.

Gulat Manurung: “Kalau Ada yang Salah di BPDPKS, Ya Diperbaiki, Bukan Dibubarkan!”

Ia bilang, rendahnya realisasi sertifikasi ISPO untuk petani sawit rakyat mendorong Pemerintah Indonesia untuk melakukan perubahan regulasi.

Kata dia, Pemerintah akan memberikan bantuan biaya sertifikasi ISPO untuk pekebun sawit rakyat.

Bantuan tersebut, kata dia, di antaranya untuk kegiatan Tanda Daftar Usaha Perkebunan (TDUP), Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan Lingkungan (PKPL).

Ini Kendala Anggota Apkasindo Jambi dalam Proses Sertifikasi RSPO dan ISPO

Serta, kata dia, pelatihan sistem kendali internal, pendampingan, serta sertifikasi dan atau pemilikan.

Menko Airlangga juga menegaskan agar tim Apkasindo dalam jangka waktu satu bulan mampu penyelesaian berbagai permasalahan terkait verifikasi data keterlanjuran lahan maupun sertifikasi ISPO.

“Seluruh materi rapat sudah diselesaikan dan hasilnya konkret kesejahteraan untuk petani. 800 ribu hektar, 300 ribu petani,” pungkas Menko Airlangga.

Libatkan Petani Sawit, Kabupaten Kampar Gelar Sosialisasi Sertifikasi ISPO

Sebelumnya di acara itu Airlangga mengatakan, industri kelapa sawit Indonesia telah menjadi komoditas andalan ekspor nasional.

Situasi positif ini, kata dia, akan terus diakselerasi Pemerintah Indonesia untuk turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Pada tahun 2022, kata Airlangga, Indonesia tercatat mampu memproduksi minyak kelapa sawit sebesar 46,82 juta ton.

Hampir Keok Total Harga CPO di Bursa Berjangka Malaysia dan Tiongkok Periode Kamis 7 Desember 2023

Sementara itu, luas perkebunan sawit rakyat mencapai 6,21 juta ha atau 40,51% dari total luas areal perkebunan sawit di Indonesia pada tahun 2022.

“Indonesia merupakan produsen sawit terbesar di dunia dan lebih dari 16 juta ton diproduksi oleh petani rakyat,” ungkap Airlangga.

Untuk meningkatkan produktivitas kebun sawit rakyat, Pemerintah telah melaksanakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Sudahlah Belawan Off, WD Membuat Semakin Suram Harga CPO Tender KPBN Periode 5 Desember 2023

Dalam kurun waktu 2017-2023, luas kebun rakyat yang telah diremajakan mencapai 306 ribu ha untuk 134 ribu petani dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 8,5 triliun.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com