Di Hadapan Petani Sawit, Airlangga Hartarto Kritik Uni Eropa

oleh -573 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Di hadapan para petani sawit swadaya yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo), Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto berbicara keras soal Uni Eropa.

Dari keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT SUMATERA, Jumat (8/12/2023), disebutkan Airlangga mengkritik Uni Eropa di acara Apkasindo yang digelar Jakarta, Kamis (7/12/2023).


Airlangga Hartarto hadir di acara itu mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi)
dalam rangka Pertemuan Nasional Petani Kelapa Sawit dalam Rangka HUT ke-23 Apkasindo.

Hampir Keok Total Harga CPO di Bursa Berjangka Malaysia dan Tiongkok Periode Kamis 7 Desember 2023

Turut mendampingi Menko Airlangga dalam kesempatan tersebut yakni Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Dida Gardera.

Airlangga mengatakan, industri kelapa sawit Indonesia telah menjadi komoditas andalan ekspor nasional dan terus diakselerasi Pemerintah untuk turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Pada tahun 2022, kata Airlangga, Indonesia tercatat mampu memproduksi minyak kelapa sawit sebesar 46,82 juta ton.

Aduh, Turun Lagi Harga TBS Mitra Plasma Jambi Periode 8-14 Desember 2023

Sementara itu, luas perkebunan sawit rakyat mencapai 6,21 juta ha atau 40,51% dari total luas areal perkebunan sawit di Indonesia pada tahun 2022.

“Indonesia merupakan produsen sawit terbesar di dunia dan lebih dari 16 juta ton diproduksi oleh petani rakyat,” ungkap pria yang kini dipercaya jadi Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Untuk meningkatkan produktivitas kebun sawit rakyat, Pemerintah telah melaksanakan program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).

Beda Nasib antara Harga CPO dan Palm Kernel Mitra Plasma Jambi Periode 8-14 Desember 2023

Dalam kurun waktu 2017-2023, luas kebun rakyat yang telah diremajakan mencapai 306 ribu ha untuk 134 ribu petani dengan total dana yang disalurkan sebesar Rp 8,5 triliun.

“Namun ini belum cukup. Arahan Bapak Presiden mau 300 ribu petani lagi,” ujar Menko Airlangga.

Upaya lain yang dilakukan Pemerintah antara lain melalui Program Sarana Prasarana yang berupa pemberian bantuan benih, pupuk, pestisida, dan mesin pertanian.

Berdiri Kokoh di Level Rp 11.200-an Harga CPO Mitra Plasma Sumbar Periode 1-7 Desember 2023

Dari sisi peningkatan sumber daya manusia pekebun sawit, Pemerintah juga telah memberikan bantuan program pendidikan dan pelatihan.

Adapun jumlah penerima bantuan selama tahun 2023 mencapai lebih dari 7.000 orang dengan total dana Rp 127 miliar.

“Pemerintah terus mendorong industri sawit ini. Dan saat ini nilai ekspor sawit merupakan andalan Indonesia, nilainya USD29,66 miliar di tahun 2022. Ini adalah ekspor terbesar bersama dengan nikel,” ujar Menko Airlangga.

Ngeri, Ambrol Harga CPO dan Palm Kernel Mitra Plasma Sumut Periode 6-12 Desember 2023

Dalam HUT Apkasindo tersebut, Menko Airlangga juga menyampaikan tantangan industri sawit terkait kebijakan European Union Deforestation Free (EUDR).

Ia menekankan hal-hal penting yang harus segera diselesaikan Apkasindo terutama terkait verifikasi data keterlanjuran lahan dan Sertifikasi ISPO.

Menko Airlangga menuturkan setidaknya ada tiga hal mendasar yang menjadi tantangan ke depan yakni EUDR berpotensi mengeluarkan pekebun sawit dari rantai pasok global.

Ini Resume Harga TBS Mitra Plasma Lampung Periode November 2023

Lalu, General Data Protection Regulation yang mensyaratkan agar semua petani dengan produk-produk yang disasar EUDR menyerahkan data geolokasi kebun.

Dan hal itu terjadi tanpa ada jaminan hukum bahwa data akan dilidungi, dan EUDR akan mengelompokkan negara dalam tiga kategori yakni risiko rendah, risiko sedang, dan risiko tinggi.

“Tentu kita ingin Indonesia risiko rendah. Oleh karena itu isu-isu keterlanjuran jadi prioritas utama Pemerintah,” ujar Menko Airlangga.

Peserta Pemilu Berpotensi Bikin Harga Minyak Goreng Sawit Melambung

Kemudian Menko Airlangga juga menuturkan bahwa Pemerintah RI bersama dengan Malaysia telah melakukan joint mission pada bulan Mei 2023 untuk menyatakan keberatan terhadap EUDR.

Sebagai tindak lanjut, telah dibentuk Joint Task Force Indonesia-Malaysia dan EU yang bertujuan agar implementasi EUDR tidak merugikan negara-negara produsen.

Pemerintah, kata dia, sudah membuat joint mission. Ia berangkat dengan Wakil Perdana Menteri Malaysia untuk menggedor pintu Uni Eropa.

Gawat, Harga CPO di Dua Bursa Dunia Anjlok. Ini Penyebabnya!

“Supaya mereka tidak membuat peraturan yang nafasnya imperialisme perkebunan. Jadi, kita ingin kemampuan nasional diutamakan,” tegas Menko Airlangga.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com