Permintaan dan Pasokan Minyak Sawit Berkelanjutan Bersertifikasi RSPO Terus Meningkat

oleh -207 Dilihat
Infosawit sumatera
Dok. InfoSAWIT / Deputi Direktur Transformasi Pasar RSPO, Indonesia, Mahatma Windrawan Inantha mengatakan, selama bertahun-tahun, anggota RSPO telah memainkan peran fundamental dalam terus mengarahkan skala menuju tingkat keberlanjutan yang lebih tinggi dalam sektor minyak sawit Indonesia.

INFOSAWIT SUMATERA , JAKARTA – The Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sebuah organisasi global terkemuka untuk minyak kelapa sawit berkelanjutan, telah melihat peningkatan yang signifikan dalam sertifikasi di antara petani kecil dan pabrik swadaya di Indonesia.


Permintaan dan pasokan RSPO Certified Sustainable Palm Oil (CSPO) menunjukan peningkatan yang terus-menerus. Hanya dalam sepuluh bulan pertama tahun 2023 (Januari-Oktober 2023), RSPO yang beroperasi melalui pendekatan yang didorong oleh keanggotaan sukarela, telah melihat peningkatan sebesar 19% dari anggotanya di Indonesia, yang sebagian besar dipimpin oleh NGO lingkungan, produsen barang konsumsi, dan petani kecil.

Di Indonesia, volume produksi CSPO tumbuh 2,9% menjadi 8,64 juta metrik ton pada tahun 2022 dibandingkan 8,4 juta metrik ton pada tahun 2021. Konsumsi CSPO juga meningkat, dengan volume meningkat sebesar 3,9% menjadi 318,400 metrik ton pada tahun 2022, dibandingkan dengan 229,000 metrik ton pada tahun 2021. Dalam hal konsumsi domestik secara keseluruhan di Indonesia, serapan CSPO tumbuh dari 1,2% pada tahun 2021 menjadi 1,7% pada tahun 2022.

Ini Kisah Perjuangan Produksi Bensa Oleh Profesor dari ITB

Mengomentari kemajuan yang dicapai, Mahatma Windrawan Inantha, Deputi Direktur Transformasi Pasar RSPO, Indonesia, mengatakan, selama bertahun-tahun, anggota RSPO telah memainkan peran fundamental dalam terus mengarahkan skala menuju tingkat keberlanjutan yang lebih tinggi dalam sektor minyak sawit Indonesia.

“Di Indonesia, semua tanda-tanda menunjukkan adanya industri yang siap menerima standar keberlanjutan global RSPO, yang merupakan industri kelapa sawit terbaik. Baik itu peningkatan sertifikasi di kalangan petani kecil dan pabrik atau peningkatan penyerapan lokal, remediasi, dan bahkan konservasi, kami melihat kemajuan yang menggembirakan, dan hal ini bergantung pada kekuatan kolaborasi,” kata Windrawan dalam acara FGD SAWIT Berkelanjutan Vol. 15 dengan Tema : “RSPO DAN ANGGOTANYA MENEGASKAN KEMBALI KOMITMEN UNTUK MENGEMBANGKAN SEKTOR MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN INDONESIA DALAM 20 TAHUN KEDEPAN” yang diadakan oleh Media InfoSAWIT bersama RSPO, Kamis, 9 November 2023 di Jakarta. (T3)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com