Hingga 2025, Musim Mas dan Bunge Jalin Kerjasama untuk Program Smallholders Hub di Daerah Ini

oleh -377 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Salah satu perusahaan sawit raksasa di Indonesia, Musim Mas Group, membangun kerjasama dengan Bunge Limited dalam program pemberdayaan smallholders atau petani skala kecil.

Dari keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Senin (20/11/2023), disebutkan bahwa kerjasama di antara kesua pihak tersebut akan berlangsung hingga tahun 2025.


Sebagai informasi, pihak Bunge sendiri menjelaskan di laman resmi mereka kalau mereka adalah sebuah perusahaan.yang telah berdiri lebih dari dua abad.

Perusahaan yang fokus pada industri pengolahan makanan dan minyak nabati tersebut kini berkantor pusat di Swiss, dan sudah tercatat di bursa saham New York, Amerika Serikat.

Kabar Baik Buat Petani, Ini Potensi TBS yang Bisa Dihasilkan Oleh 4 Varietas Baru Benih Sawit Musim Mas

Kembali kepada kerjasama Musim Mas san Bunge Limited. Disebutkan bahwa adapun petani sawit yang hendak diberdayakan adalah berjumlah 1.000 orang dan dari Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Disebutkan bahwa kolaborasi ini selaras dengan komitmen bagi Roadmap Sektor Pertanian menuju 1,5°C, melalui dukungan kepada petani swadaya menuju perkebunan yang lebih berkelanjutan.

Program smallholders hub ini bertujuan untuk mempromosikan penerapan praktik-praktik perkebunan berkelanjutan di kalangan petani swadaya.

Dijelaskan bahwa smallholders hub merupakan program Musim Mas untuk memberdayakan petani swadaya melalui pelatihan.

Dunia Benih Sawit Semakin Dahsyat, Musim Mas Luncurkan 4 Varietas Baru

Program ini melatih Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di daerah-daerah tempat berlangsungnya program.

Selanjutnya, para PPL yang sudah dilatih inilah yang kemudian akan membagikan keahlian mereka dengan lebih banyak petani sawit swadaya di desa binaannya.

Seiring berjalannya waktu, pendampingan yang dilakukan para PPL tersebut secara efektif akan mendukung peningkatan kapabilitas petani swadaya untuk jangka panjang.

Proyek di Sambas ini merupakan smallholders hub yang ke enam, dan menjadi yang pertama dilaksanakan di pulau Kalimantan.

Kisah di Balik Hari Sawit Nasional 18 November

Kolaborasi ini menargetkan 1.000 petani sawit swadaya untuk dilatih, sebagai upaya untuk produksi minyak kelapa sawit berkelanjutan.

Meskipun Provinsi Kalbar hanya menyumbang 5 persen terhadap basis pasokan Musim Mas, hal ini merupakan bagian integral dari strategi pengadaan berkelanjutan secara keseluruhan.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com