Optimalisasi Kebun Sawit TBM untuk Peningkatan Produksi Jagung Sesuai Arahan Presiden

oleh -392 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, JAKARTA – Pihak Kementerian (Kementan) menegaskan kalau optimalisasi perkebunan kelapa sawit untuk peningkatan produksi jagung sudah sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penegasan itu, seperti keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT SUMATERA, Jumat (17/11/2023), disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi.


Disebutkan bahwa Qolbi menyampaikan hal tersebut saat ia berbicara di kampus Kementerian Pertanian (Kementan) di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Perkebunan Sawit Harus Bisa Sumbang Panen 1 Juta Ton Jagung

Diketahui kalau pada saat itu sedang berlangsung acara yang bertemakan “Optimalisasi Lahan Melalui Program Kelapa Sawit Tumpang Sari Tanaman Pangan”.

“Arahan Bapak Presiden Jokowi jelas, bahwa lakukan upaya-upaya luar biasa untuk meningkatkan produksi jagung,” ucap Qolbi.

“Tentu Kementerian Pertanian perlu dukungan seluruh pihak, termasuk pemanfaatan optimalisasi lahan perkebunan,” ujarnya kembali.

Pemerintah Puji Pelaku Usaha Sawit, Ini Sebabnya!

Karena itu ia meminta agar pihak-pihak terkait di Kementerian Pertanian (Kementab) betul-betul membuat gambaran detail tentang potensi optimalisasi lahan perkebunan sawit.

“Dengan tujuan agar kebun sawit, terutama yang masih dalam kategori tanaman belum menghasilkan atau TBM, dapat dimanfaatkan secara optimal dalam mendukung peningkatan produksi jagung nasional,” ucap Wamentan.

Ia mengatakan, dari sejumlah tantangan dalam industri perkebunan kelapa sawit, Pemerintah melihat ada peluang yang perlu dioptimalkan, khususnya dari aspek hulu di perkebunan kelapa sawit.

Petani Sawit di Kabupaten Ini Justru Sedang Menikmati Hasil Panen Bukan dari Menjual TBS

Kata Wamentan, perlu ada upaya lompatan yang serius, tidak lagi percepatan, agar luas perkebunan kelapa sawit yang ada dapat dimanfaatkan secara integratif.

“Khususnya melalui optimalisasi lahan perkebunan dengan tanaman pangan seperti jagung atau tanaman musiman lainnya,” jelas Mentan.

Lebih lanjut ia mengatakan, Indonesia punya potensi untuk melakukan swasembada jagung dan Indonesia benar-benar harus mampu.

Sering Ditanyai Presiden Jokowi, Kementan dan BRIN Galang Kerjasama Hasilkan Benih Varietas Unggul, Termasuk Sawit

Dari potensi tersebut, Wamentan mendorong agar ada upaya khusus melalui optimalisasi lahan pada perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit, dapat dikelola seoptimal mungkin.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com