Giliran SAMADE Sumbar yang Bakal Gelar Kerajinan Lidi Sawit

oleh -350 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PADANG – Belakangan ini potensi ekonomi lidi kelapa sawit tampaknya benar-benar sedang digarap oleh para petani swadaya yang tergabung dalam Asosiasi Sawitku Masa Depanku (SAMADE).

Sebelumnya, berdasarkan data yang dimiliki oleh InfoSAWIT SUMATERA, potensi lidi sawit bahkan telah dikembangkan oleh SAMADE cabang Provinsi Riau melalui usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Rumah Tamadun.


Kini, giliran para petani swadaya yang tergabung di dalam SAMADE cabang Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang terpikat akan potensi ekonomi lidi sawit tersebut,.

Asosiasi SAMADE Riau Bakal Gelar DKT Budidaya Sawit, Ini Jadwal Lengkapnya!

Kepada InfoSAWIT SUMATERA, Rabu (15/11/2023), Junaindra Sumawan selaku Ketua DPW SAMADE Sumbar mengungkapkan pihaknya akan mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan dari lidi sawit.

“Rencana pelatihan lidi sawit ini akan kami laksanakan selama tiga hari, tepatnya pada pekan depan, mulai 24 sampai 27 November 2023. Lokasi pelatihan di UNP Hotel,” ucap Junanindra.

Petani sawit swadaya yang berdomisili di Kabupaten Dharmasraya ini menyebutkan, peserta pelatihan mencapai 25 orang, berasal dari berbagai kabupaten di Sumbar.

Hadirkan Rumah Tamadun, Samade dan DDBI Bakal Gelar Diskusi Potensi Lidi Sawit

“Kegiatan ini digelar berkat kerjasama antara DPP Asosiasi SAMADE dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS),” ucap pria yang akrab disapa Juna ini.

“Pelatihan ini kami lakukan dalam rangka meningkat nilai keekonomian ‘limbah’ lidi sawit, yang secara otomatis menambah pendapatan petani sawit jika ketrampilan ini ditekuni,” ucal Juna.

Adapun potensi kerajinan tangan daei lidi sawit yang bakal mereka kembangkan yakni piring, tempat tisu, tas, dan produk lainnya.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com