Pj Bupati di Aceh Ini Curhat Kalau Hasil Sawit Mereka Dinikmati Provinsi Tetangga

oleh -342 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, BANDA ACEH – Kabupaten Singkil merupakan salah satu sentra perkebunan kelapa sawit terluas yang ada di Provinsi Aceh.

Puluhan ribu hektar (Ha) kebin sawit di Singkil mampu hasilkan 350.000 ton minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) setiap tahunnya.


Tetapi, kata Penjabat (Pj) Bupati Singkil, Drs Azmi MAP, justru Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang menangguk untung dari pajak ekspor CPO asal Singkil.

DBH Sawit ke Aceh Rp 33.2 Miliar, Nagan Raya dan Singkil Dapat Banyak

Azmi, seperti dikutip InfoSAWIT SUMATERA dari laman serambinews.com, Minggu (5/11/2023), mengatakan ada sebab kenapa keuntungan yang diperoleh Sumut itu bisa terjadi.

kata dia, ini lantaran CPO yang diproduksi pabrik pengolahan minyak sawit dari kebun di Singkil, diekspor dari Pelabuhan Belawan, Kota Medan, Sumut.

“10 persen saja pajak eskpor CPO sudah berapa Aceh kehilangan pendapatan. Nahasnya lagi ketika dicek ekspor CPO bukan atas nama Singkil, tapi Sumut,” kata Azmi.

Harga TBS Rendah, Pj Bupati Aceh Singkil Ancam Sidak PKS

Menurut Azmi, bukan hanya kehilangan pendapatan dari pajak. Masyarakat Aceh Singkil, juga kehilangan peluang usaha dari lalu lintas ratusan kendaraan pengangkut CPO.

“Jika diekspor dari Aceh, tentu awak angkutan yang ratusan itu makan dan minum di warung orang Aceh. Maka hiduplah rumah makan,” ujar Azmi.

Terkait hal itu, Azmi usulkan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh dan Pemerintah Pusat agar membuka keran ekspor CPO langsung dari Aceh.

Apical, Musim Mas, GAPKI, IDH, YEL, PRKS Unsiyah, Apkasindo, dan Pemkab Aceh Singkil Gelar Kick Off RAD KSB

Mengingat CPO, kata Azmi, bukan hanya dihasilkan oleh Singkil, melainkan juga dihasilkan oleh kabupaten dan kota lain di Aceh.

“Bila terwujud (izin ekspor sawit dari Pemerintah Pusat -red) tentu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh,” tegas Azmi.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com