Ini Jumlah Terbaru Luas Kebun Sawit di Malaysia

oleh -1634 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PUTRA JAYA
Malaysia adalah negara jiran yang menjadi kompetitor sekaligus produsen minyak sawit terbesar kedua di dunia setelah Indonesia.

Pihak Kementerian Perladangan dan Komoditi (KPK) Malaysia, dalam keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Senin (30/10/2023), telah mengeluarkan pengumuman teebaru soal luas kebun sawit mereka saat ini.


Mengutip data pihak Lembaga Minyak Sawit Malaysia atau Malaysian Palm Oil Board (MPOB), pihak KPK menyatakan bahwa luas kebun sawit di Malaysia adalah sebesar 5.674.742 hektar (Ha).

Soal Harga CPO, Kini Indonesia Tak Lagi Berpatokan pada Belanda dan Malaysia

Dari junlah itu disebutkan KPK Malaysia kalau tanaman immature  atau tanaman belum menghasilkan (TBM), yakni usia 0-3 tahun, seluas 547.452 Ha.

Selanjutnya KPK Malaysia mengatakan untuk tanaman kelapa sawit yang dikategorikan matang muda usia 4-8 tahun seluas 1.053.859 Ha.

Di sisi lain, KPK Malaysia mengungkapkan kalau tanaman sawit untuk kategori matang penuh, yakni dari usia tanam 9-18 tahun, seluas 2.387.802 Ha.

Kerjasama dengan Malaysia, POME dari PTPN IV Bakal Dikembangkan Jadi CBG

Lalu ada juga kategori tanaman sawit matang tua yang disebutkan oleh pihak KPK Malaysia ada di kebun seluas 1.222.233 Ha

Dan terakhir, pihak KPK Malaysia mengatakan tanaman sawit berusia tua yang dimulai dari usia 25 tahun ke atas sebanyak 463.396 Ha.

“Sawit tua yang berumur lebih 25 tahun tidak lagi produktif dan perlu ditanam semula (peremajaan sawit -red),” demikian penegasan pihak KPK Malaysia. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com