Di PERISAI 2023, BRIN Hadirkan Beragam Produk Unggulan

oleh -614 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, SURABAYA – Di dalam acara Pekan Riset Sawit Indonesia (PERISAI) 2023, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menampilkan sejumlah produk unggulan, berkelas, dan diprediksi memiliki nilai komersial yang tinggi.

Periset Pusat Riset Agro Industri BRIN, Wiwik Handayani, dalam keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Minggu (29/10/2023), menyebutkan produk yang dimaksud adalah coating glossy berbasis turunan kelapa sawit.


“Serta nanopartikel silika biogenik dari abu boiler kelapa sawit dan aplikasinya,” kata Wiwik Handayani di The Westin Pakuwon Mall Surabaya, tempat berlangaungnya acara selama dua hari (25-26/10/2023).

Kata Wiwik Handayani, di stan pameran BRIN juga diisi beberapa diseminasi hasil riset sawit hasil riset dan inovasi periset BRIN.

Sering Ditanyai Presiden Jokowi, Kementan dan BRIN Galang Kerjasama Hasilkan Benih Varietas Unggul, Termasuk Sawit

Salah satunya, kata dia, adalah hasil kolaborasi dirinya beserta beberapa periset dari Pusat Riset (PR) Agro Industri BRIN.

Yaitu, ujarnya, pengembangan formulasi bahan coating glossy berbasis turunan minyak sawit untuk meningkatkan daya saing ekspor buah lokal Indonesia.

“Produk coating glossy ini bermanfaat untuk memperpanjang masa kesegaran buah terbuat dari turunan sawit serta bahan bahan lokal yang aman jika dikonsumsi,” kata Wiwik Handayani.

Ia mengataman bahwa penelitian tersebut merupakan salah satu riset strategis nasional yang pendanaannya berasal dari program penelitian dan pengembangan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Ini Dasar Ilmiah Periset BRIN Terkait Penggunaan Limbah Sawit untuk Diagnosa Penyakit Paru

“Untuk itu BRIN mengikuti PERISAI 2023 untuk melakukan komersialisasi hasil riset agar bisa diketahui sekaligus dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya stakeholder BRIN,” tambah Wiwik.

Hoerudin, periset lain dari PR Agri Industri BRIN, menjelaskan terkait produk komersialiasi lainnya yaitu nanopartikel silika biogenik.

Produk ini, kata dia, berasal dari abu boiler kelapa sawit. Nanopartikel beserta aplikasinya tersebut, kata Hoerudin, berfungsi sebagai komponen rubber foam sole pada biosneakers.

“BRIN telah berhasil mengembangkan teknologi produksi nanopartikel silika bioorganik atau nanobiosilika dari abu boiler kelapa sawit,” ucap Hoerudin.

BRIN, USU, dan PTPN IV Sepakat Manfaatkan Bungkil Inti Sawit untuk Pakan Ternak Unggas

Menurutnya, hasil penelitian ini bisa diaplikasikan sebagai komponen rubber foam dan solid soles pada produk sepatu kasual ramah lingkungan atau biosnakers.

“Produk hasil riset ini juga memenuhi persyaratan eco-friendly fashion footwear,” tutur Hoerudin

Sebagai informasi, PERISAI 2023 merupakan upaya diseminasi hasil-hasil riset sawit dari Indonesia kepada para pemangku kepentingan kelapa sawit dan mendorong komersialisasi hasil riset.

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh  BPDPKS, dan diikuti oleh beberapa lembaga tinggi, kementerian negara, perguruan tinggi.

BRIN dan BRGM Lakukan Sesuatu di Lahan Gambut di Provinsi Sentra Sawit Ini

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan meliputi pemaparan materi hasil riset sawit dari para narasumber, pameran/diseminasi hasil riset sawit, dan diskusi.

BPDPKS melalui Program Penelitian dan Pengembangan telah mendanai riset-riset strategis nasional demi mewujudkan industri perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan, pengembangan dan peningkatan pemberdayaan perkebunan dan industri kelapa sawit nasional yang saling bersinergi di seluruh sektor.

BPDPKS Sebut Mahasiswa Sebagai Influencer yang Bagus untuk Sawit Baik

BPDPKS berkomitmen untuk menjaga integritas serta mewujudkan kepuasan layanan para stakeholder untuk mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com