Total Produksi CPO PTPN V Lebih Setengah Juta Ton, Mayoritas untuk Dalam Negeri

oleh -549 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PEKANBARU -Saban tahun PTPN V mampu menghasilkan lebih dari setengah juta ton atau 570.000 minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) setiap tahunnya.

Dari jumlah itu, Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa memastikan kalau 94 persen di antaranya diperuntukan bagi kebutuhan di dalam negeri.


“Hanya 6 persen yang dikirimkan ke luar negeri.” kata Jatmiko dalam keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Kamis (28/9/2023).

Dari Januari – September 2023, Anak Holding PTPN Ini Cuan Jutaan Dolar AS dari Jualan CPO

Jatmiko Santosa menegaskan kalau PTPN V tetap mengedepankan pemenuhan kebutuhan CPO di dalam negeri.

Kata dia, PTPN V sendiri merupakan sebuah perusahaan perkebunan sawit milik negara yang telah memenuhi beragam sertifikasi internasional.

Seperti, ungkap Jatmiko, sertifikasi International Sustainability Carbon Certification (ISCC) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Bekerjasama dengan PLN, PTPN V Bisa Berhemat Rp 172,8 Miliar

Ia mengatakan PTPN V memperoleh insentif dari sertifikasi yang ada berupa harga premium untuk produk CPO yang dihasilkan.

“Sehingga kesempatan itu kita manfaatkan untuk menunjang kinerja finansial perusahaan,” ujarnya.

PTPN V sendiri merupakan salah satu perusahaan agribisnis yang mengelola 73.000 hektar (Ha) perkebunan sawit inti serta menggandeng 56.000 perkebunan sawit rakyat di Provinsi Riau.

PLN Pasok Listrik Sebesar 14.265 KVA ke Sebelas PKS Milik PTPN V

Setiap tahun, kata dia, PTPN V menghasilkan 570.000 ton CPO dengan produktivitas CPO 5,6 ton per Ha, serta produktivitas tandan buah segar (TBS) sebesar 24,05 ton per Ha.

Kata dia, begitu juga dengan produksi palm kernel atau inti sawit yang menyentuh angka 113.560 ton dengan produktivitas palm kernel oil mencapai 0,97 ton per hektare.

Jatmiko katakan, operasional tersebut kian moncer usai perusahaan terus melaksanakan beragam transformasi menyeluruh sepanjang empat tahun terakhir.

Sawit Rakyat Online, Aplikasi PTPN V yang Bikin Petani Gampang Dapat Bibit Unggul

Alhasil, Jatmiko mengklaim PTPN V mampu mendobrak kinerja keuangan dengan membukukan rekor finansial laba bersih tertinggi tiga tahun berturut-turut.

Mulai dari Rp 416 miliar pada 2020, Rp 1,3 triliun pada 2021, dan teranyar Rp 1,5 triliun sepanjang tahun 2022.

“Insya Allah kita akan terus memegang teguh komitmen untuk tumbuh dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara,” tutup Jatmiko Santosa.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com