PLN Pasok Listrik Sebesar 14.265 KVA ke Sebelas PKS Milik PTPN V

oleh -532 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, BANGKINANG – PT PLN (Persero) memasok listrik sebesar 14.265 kilo volt amphere (KVA) ke sebelas pabrik kelapa sawit (PKS) milik PTPN V yang ada di berbagai daerah di Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan Senior Executive Vice President Operation PTPN V, Ospin Sembiring, dalam kegiatan sinergi BUMN peresmian penyambungan tenaga listrik di Kabupaten Kampar, Riau.


Dalam keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Senin (25/9/2023), disebutkan bahwa selain sebelas PKS, PLN juga memasok listrik ke 2.755 rumah karyawan PTPN V sebesar 1.680 KVA.

Ospin bilang, pada tahun 2023 ini, kolaborasi PTPN V dan PLN krmbali bakal direalisasikan melalui konektivitas listrik PLN ke sejumlah unit PKS seperti di Sei Garo, Sei Tapung, Tanjung Medan, Sei Galuh, Sei Rokan, dan Terantam.

Dua BUMN Raksasa Ini Didorong Tingkatkan Penggunaan EBT Sawit

Selain itu, kata dia, program tersebut dipastikan juga bakal menyasar ke kawasan perumahan karyawan PTPN V di berbagai penjuru Riau.

Pada 2022 lalu, ia mengatakan konektivitas listrik PLN di areal pemukiman perusahaan mencapai 61,12 persen.

“Dan Alhamdulillah, pada 2023 ini, terjadi peningkatan signifikan dengan target konektivitas mencapai 98 persen,” ujar Opsin.

Ia berharap pada 2024 mendatang, seluruh perumahan dan PKS 100 persen tersambung aliran listrik sehingga potensi efisiensi dapat dimaksimalkan.

Ikut PSR dan Pakai Bibit Unggul, KPTM Tapung Kampar Panen dalam 27 Bulan

Ospin melanjutkan bahwa program elektrifikasi di PTPN V turut sejalan dengan transformasi serta digitalisasi yang diusung perusahaan sejak empat tahun terakhir.

Transformasi yang diusung Chief Executive Officer PTPN V Jatmiko Santosa tersebut yang selanjutnya mengantarkan perusahaan berhasil mencapai kinerja tertinggi sepanjang sejarah selama tiga tahun berturut-turut.

Sementara itu, General Manager (GM) PLN Unit Induk Distribusi Riau Kepulauan Riau (UIDRKR), Agung Murdifi, menyampaikan PLN sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan berkomitmen mendukung PTPN V.

Pihaknya juga menyatakan siap memberikan solusi atas kebutuhan listrik bagi operasional PKS dan rumah karyawan milik PTPN V.

Pesawat Nirawak Jadi User Friendly bagi Para Pekerja di Anak Usaha Holding Perkebunan Ini

“Sebuah kehormatan dan kepercayaan bagi kami, bisa memenuhi kebutuhan listrik bagi PTPN V. Ini merupakan langkah sinergi yang baik untuk mendorong peningkatan produktifitas dan efisiensi bagi PTPN V,” ujar Agung.

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian penting dari program captive power acquisition (CPA) setelah pada periode September 2022 yang lalu, PLN bersama PTPN V telah sepakat untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam mengintegrasikan layanan kelistrikan PLN di areal perkebunan milik negara.

Agung menambahkan, PLN berharap sinergi dan kolaborasi ini terus berlanjut dan menjadi langkah awal untuk melakukan perluasan serta pengembangan kerjasama lainnya yang memanfaatan potensi bisnis dalam ekosistem kelistrikan.

Dari Tangan Nik Nazmi bin Nik Ahmad, Jatmiko Santosa Terima Penghargaan Asean Energy Awards 2023 Buat PTPN V

“Integrasi layanan kelistrikan yang diberikan PLN ini merupakan bentuk dukungan penuh PLN dalam mendorong pertumbuhan bisnis PTPN V untuk mewujudkan visi perusahaan yaitu menjadi perusahaan agribisnis terintegrasi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,” tegas Agung Murdifi. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com