Bekerjasama dengan PLN, PTPN V Bisa Berhemat Rp 172,8 Miliar

oleh -399 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PEKANBARU – Sejak menjalin kerja sama dengan pihak PT PLN (Persero) pada tahun 2021 yang lalu, pihak PTPN V mampu berhemat biaya operasiobal hingga Rp 172,8 miliar.

“PTPN V berpotensi menghemat biaya operasional hingga Rp 172,8 miliar sejak 2021 dengan menjalin sinergitas dengan PT PLN (Persero),” kata Senior Executive Vice President Operation (SEVPO) PTPN V, Ospin Sembiring.


Hal tersebut terungkap dalam sebuah  keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT SUMATERA, Senin (25/9/2023).

Ia mengatakan, angka tersebut didapat dari konversi harga bahan bakar minyak (BBM) solar terhadap tenaga listrik yang digunakan perusahaan.

PLN Pasok Listrik Sebesar 14.265 KVA ke Sebelas PKS Milik PTPN V

Seperti, ujar Ospin, kegiatan operasional pabrik kelapa sawit (PKS) elektrifikasi 11.500 perumahan karyawan, serta penjualan cangkang kelapa sawit yang sebelumnya menjadi biomassa.

“Alhamdulillah, sinergitas yang terjalin antara PTPN V dan PLN sejak tahun 2021 lalu telah berjalan dengan sangat baik,” kata SEVPO PTPN V, Ospin Sembiring.

Tentunya, kata Ospin, dukungan ini memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak.

Bagi PTPN V sendiri berpotensi meningkatkan efesiensi hingga Rp172,8 miliar,” kata Ospin di Kebun Sei Galuh PTPN V Kabupaten Kampar, beberapa waktu yang lalu.

Sawit Rakyat Online, Aplikasi PTPN V yang Bikin Petani Gampang Dapat Bibit Unggul

Ia berharap efisiensi tersebut dapat dimaksimalkan sejalan dengan program captive power acquistion PKS serta pemukiman PTPN V oleh PT PLN Persero terus berlanjut dan ditargetkan 100 persen teraliri listrik hingga 2024 mendatang.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu kedua belah pihak telah menjalin sinergitas BUMN, berupa kegiatan peresmian pasokan listrik ke sebelas PKS dan 2.755 rumah karyawan milik PTPN V.

Untuk ke sebelas PKS itu dipasok listrik sebesar 14.265 kilo volt amphere (KVA), sementara u tuk 2.755 rumah karyawan dipaaok listrik sebesar 1.680 KVA.

Pada tahun 2023 ini, kolaborasi PTPN V dan PLN kembali bakal direalisasikan melalui konektivitas listrik PLN.

Ikut PSR dan Pakai Bibit Unggul, KPTM Tapung Kampar Panen dalam 27 Bulan

Terutama ke sejumlah unit PKS milik PTPN V seperti di Sei Garo, Sei Tapung, Tanjung Medan, Sei Galuh, Sei Rokan, dan Terantam.

Selain itu, program tersebut dipastikan juga bakal menyasar ke kawasan perumahan karyawan PTPN V di berbagai penjuru Riau. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com