Pembangunan PKS di Banyuasin Didukung Penuh Oleh Pemkab dan Petani

oleh -1302 Dilihat

InfoSAWIT SUMATERA, PANGKALAN BALAI – PT SP, salah satu perusahaan kelapa sawit, berencana membangun pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dari keterangan resmi yang diperoleh InfoSAWIT SUMATERA, Jumat (20/1/2023), disebutkan kalau PKS tersebut bakal didirikan di Dusun Kumbang Padang Permata, Kecamatan Air Kumbang.


Rencana tersebut mendapatkan sambutan hangat, tidak hanya dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin, melainkan juga dari para petani setempat.

Ini terbukti dari langkah Wakil Bupati Banyuasin, H Slamet Somosentono SH yang menghadiri acara sosialisasi kegiatan dan dukungan masyarakat dalam rangka pembangunan PKS.

Pemkab Banyuasin dan WRI Sepakati Pembangunan Sawit Berkelanjutan

Kegiatan itu dilakukan di Kantor Koperasi Produsen KUD Permata Indah Dusun Kumbang Padang Permata, Kecamatan Air Kumbang, Selasa (17/1/2023).

Kegiatan itu dihadiri juga oleh perwakilan pihak PT SP, Wakil Ketua Apkasindo lr Muhammad Yunus, Sekretariat Dinas Perkebunan dan Peternakan Banyuasin.

Lalu hadir juga Sekcam Muara Padang, Kepala Desa Sido Mulyo, Kepala Desa Tirta Makmur, Kepala Desa Kumbang Padang.

Serta, Kepala Desa Karang Anyar Muara Padang, Ketua KUD Kumbang Padang Permata Indah.

Bekerjasama dengan Jerman, Indonesia Diprediksi Sanggup Produksi Bahan Elpiji Berbasis Sawit 9 Kilo Ton per Hari

H Slamet Somosentono yang dikenal juga sebagai Ketua DPW Apkasindo Sumsel mengatakan, perkebunan menjadi mata pencarian utama bagi sebagian besar masyarakat di Kabupaten Banyuasin.

Banyuasin sendiri, kata dia, memiliki beberapa komoditas unggulan perkebunan unggulan antara lain karet, kelapa sawit, dan kelapa.

Kata dia, Kabupaten Banyuasin memiliki luas wilayah 11.832,99 km, terdiri dari 21 Kecamatan, 288 Desa dan 24 Kelurahan yang wilayahnya terdiri dari wilayah daratan dan perairan.

“Pemkab Banyuasin sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak Apkasindo Provinsi Sumsel dalam pembangunan pabrik kelapa sawit di Kabupaten Banyuasin,” kata Slamet.

Harga CPO Melompat, Harga TBS di Pulau Sumatera Merangkak

Semoga, kata dia, bertambahnya investasi di sub sektor perkebunan akan memberikan nilai tambah positif bagi industri pengolahan kelapa sawit di Banyuasin.

“Dan kami berharap pembangunan pabrik kelapa sawit ini dapat segera terwujud,” katanya.(T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com