Peneliti PT RPN M Akmal Agustira Puji Pengembangan EBT PTPN V

oleh -1056 Dilihat
InfoSAWIT SUMATERA
Peneliti PT RPN, M Akmal Agustira (InfoSAWIT SUMATERA / PT RPN)

InfoSAWIT SUMATERA, PEKANBARU – Inisiasi pengembangan sumber energi baru terbarukan (EBT) berbasis kelapa sawit melalui program dekarbonisasi telah dilakukan oleh PTPN V dalam kurun waktu tiga terakhir.

Nah, berdasarkan keterangan resmi yang dilihat InfoSAWIT SUMATERA, Selasa (18/10/2022), apa yang telah dilakukan oleh PTPN V ini mendapatkan perhatian khusus dari PT Riset Pengembangan Nusantara (RPN).


Sekadar informasi, PT RPN ini adalah bagian dari Holding PTPN Perkebunan. Kemudian, PT RPN ini membawahi sejumlah pusat penelitian (Puslit) yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Salah satu puslit yang mengalami perkembangan yang cukup pesat adalah Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan yang saat ini dipimpin oleh Edwin Syahputra Lubis.

Anak Usaha Holding Perkebunan Ini Kembangkan Program Dekarbonisasi

Kembali ke PT RPN.

Nah, strategi PTPN V dalam pengembangan biogas tersebut kemudian mendapat atensi dari pihak PT RPN dengan melakukan kunjungan penelitian ke sejumlah pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) PTPN V.

Peneliti PT RPN mengatakan bahwa PTPN V telah memanfaatkan biogas dengan sangat baik melalui pengembangan EBT bersama dengan pihak terkait, mulai dari perguruan tinggi hingga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“PTPN V memiliki cukup banyak (pembangkit) Biogas, baik untuk pemanfaatan sebai PLTBg dan juga sebagai Cofiring. Pemanfaatan Biogas di PTPN 5 sangat baik, ke depannya agar lebih dapat menurunkan emisi karbon,” kata peneliti PT RPN, M Akmal Agustira.

PTPN VII Upayakan Kepastian Lahan Kebun dengan Cara Ini

Untuk itu, kata dia, berdasarkan penelitian yang dilakukan PT RPN di PTPN V dengan mengunjungi tiga pabrik kelapa sawit (PKS).

Yakni Sei Pagar, Lubuk Dalam, dan Terantam tersebut, pihaknya akan menyusun road map pengembangan dekarbonisasi secara lebih luas.

“Dari penelitian ini, PT RPN akan membuat roadmap dekarbonisasi lebih luas untuk holding PTPN,” ujar Akmal Agustira. (T5)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi dan rilis tentang industri sawit, Silahkan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT Sumatera atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com